Selasa, 20 Agustus 2013

Belajar bisnis dari tukang asinan yuk

Sharing dari salah satu Leader Dream Team Ci Indri dari Purwokerto :

Ketika saya mau isi bensin,menaiki motor keramat saya (smoga nanti bisa di upgred CRV gretong hihihi) saya melewati sebuah jalan raya bukan jalan utama,dan ciiiiit tiba2 berhenti di sebuah gerobak pink tulisannya jual asinan dan rujak,kenapa berhenti karena itu tukang rujak dan asinan langganan saya tp jualannya setau saya bukan disana dech...jualannya di jalan utama deh,kok bs disini?? Hmmm kebetulan pengen yg seger2 (bukan hamil looh yaaah) yauda mampir ajah deh...
Loh kok yg ngulek abang nya beda,gerobaknya sama,mulai deh itu abang diinterograsi Indri hohohoho

I : bang,asinannya sama kaya yg dijalan X yah?
A : iya mba
I : yg disana tetep bang?
A : iyah mba,saya adiknya,disana kakak saya
I : jualan disini baru yah bang,rame ga? Sama di jalan sono rame mana?
A: baru juga 2mingguan mba..rame sana mbaa.. Sini lbh sepi mbaa,kadang ga habis..tp namanya jualan coba2 dulu 3 bulan,kan kita nyari pelanggan baru ----NOTE BIARPUN SEPI TAPI TETAP KONSISTEN-----
I : bapak e sekarang dimana bang?? (Dulu bapak nya yg jualan di jalan utama,sekarang kakaknya)
A : buka cabang lg mba di daerah Y,buat adik saya *sambil senyum


Saya sungguh kagum dengan si bapaknya abang asinan ini,karena apa? Masih teringat 1 tahun yang lalu dia masih jualan keliling2 lewat depan toko saya dengan gerobak pink nya,dan betapa senangnya saya ngeliat ada tulisan JUALAN ASINAN..aiiih gw sampe ngidam2 pengen makan asinan akhirnya ada juga nih di purwokerto hehehe,so pasti langsung di stoppppp dan beli donggg,dan si bapak cerita,bahwa dia jualan hari ini hari pertama,dia langsung nebak,mba dari jakarta yah? Saya bilang "loh kok tau".si abang bilang,iyah mba karena saya keliling2 ga ada yang kenal sama asinan,belum ada yang beli asinan,makanya saya sekalian jualan rujak,kalo rujak uda lumayan dikenal sama org purwokerto..dan mengalir lah crita ttg asal usul si bapak (gila si indri iseng bgt yah,abang asinan diinterograsi hahaha,eh tapi tapi ga hanya abang asinan ajah loh yg saya tanya2,setiap beli makanan,atau jajanan yg bisa berinteraksi ama penjualnya saya interograsi hohoho) dia cerita disini merantau,anak dan istrinya masih di jakarta,di jakarta jualan di tangerang tapi sekarang uda sepi,karena akses buat jualannya di tutup..

Dan setelah 3 bulanan deh tiba2 si bapaak ga pernah lewat depan toko lagi hikss mulai deh berpikiran macem2..jangan2 asinan nya ga sesuai ama lidah orang purwokerto,jangan2 uda ga ada yang mau beli lagi,trus si bapaak uda nyerah

Tetapiiii pas saya lewat jalan raya mau ke toko ciiiiitttt ada si bapak dengan gerobak pink nya mangkal di pinggir jalan,depan sebuah Bank,naah mulai lagi deh beli lagi


I : waaah sekarang uda ada tempat mangkal yah pak?
B : iyah mba,cape keliling terus,kalo saya jualan di 1 tempat kan orang bisa cari saya ---BUAH DARI KONSISTEN DIA JUALAN KELILING ADALAH PELANGGAN DATANG SENDIRI-
I : oow syukur deh pak,kirain bapak uda ga lewat toko saya krn dagangannya uda ga laku lg :D (jujur amat yah eikeh)
B : ngga mba,sekarang uda mulai banyak langganan,orang-orang uda kenal sama asinan *senyum


Dan beberapa bulan kemudian,menu bertambah,dan variasi pun bertambah,

Daaannn beberapa bulan kemudian,gerobak bertambah,cabang pun bertambah,luar biasa si bapak ini,dia menduplikasikan diri nya kepada anak2 nya agar bisa menyerupai dia dalam hal meracik bumbu dan menguleg bumbu rujak :) --DUPLIKASI ITU PENTING--


Soo bisa dipetik kah pelajaran kali ini?
Untuk berbuah hasil yang manis
1.Konsisten
2.Membuat cabang
3.menduplikasikan dirinya
4.Sering kontrol dagangan anak2nya


Nah seorang tukang rujak ajah yang mungkin (mungkin loh yaah,karena saya ga interograsi dia lulusan apa) hanya lulusan SD atau SMP ngerti cara berbisnis,masa kita yang ngerti Internet bs ga ngerti,dia ajah bisa tau,awal jualan pasti sepi,tp dia tetap konsisten dan tidak menyerah,masa kamu ditolak 10 orang ajah langsung mundur,seakan2 oriflame bukan jodoh kamu, percaya ga kita bisa saling kenal dan bergabung dalam 1 team adalah merupakan suatu Jodoh? Yang membedakan,saya ga mau menyia-nyiakan peluang yang ada :)


Si bapak berkerja cerdas,dia bisa menduplikasikan dirinya ke anak2nya,jadi pendapatan bertambah,tapi dia ga cape,dia ga kerjakan semuanya sendirian dia hanya cape di awal saja, yaitu pada saat mencari pelanggan dan dia bisa mencarikan anak2nya yang semula pengangguran menjadi mempunyai pendapatan sendiri :)

Kalau ga mau menjalankan prosesnya,tapi mau dapet uang banyak atau mobil CRV...hmmm belajar lagi yuk dari tukang asinan :)

Regards,
Rita Pin BB : 25CB8958
SMS/WA : 089631876797
Line : ritayuedt


Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar