Sabtu, 16 Mei 2015

9 TIPS SIMPLE PERENCANAAN BISNIS

Berikut ini artikel tentang 9 Tips Perencanaan Bisnis

1. ANALISA KEBUTUHAN MARKET

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam perencanaan bisnis, kita harus tahu apa yang jadi kebutuhan konsumen saat ini, kebutuhan ini akan jadi masukan untuk ide bisnis kita.

2. TENTUKAN IDE BISNIS

Buatlah list ide bisnis yang berpotensi, cari ide bisnis dari berbagai sumber (internet, buku, majalah, seminar dll) lalu pilih 1-2 ide bisnis yang paling berpotensi.

3. TARGET KONSUMEN

Tentukan target calon konsumen yang nantinya akan kita sasar. Target market: kelas social, status (pelajar/pekerja dll), gender dll.

4. ANALISA PESAING

Cari tahu siapa pesaing yang ada di pasaran, pelajari yang dilakukan pesaing lalu jadikan strategi mereka sebagai masukan untuk produk kita.

5. PRODUK

Mulailah buat konsep produk/jasa: Konten, Kemasan, Layanan. Fokuslah pada kualitas dan buatlah produk yang memiliki kelebihan dibanding produk yang ada di pasaran.

6. HARGA

Tentukan harga dengan baik: Cek dengan target market, cek dengan pesaing dan cek dengan target keuntungan yang mau diperoleh.

7. PROMOSI

Tentukan cara promosi produk kita. Bisa via brosur, social media, website, media online, pameran, bazar. Lakukan promosi secara konsisten.

8. DISTRIBUSI

Tentukan cara distribusi produk kita, apakah jual di toko sendiri, orang lain, ada distribution channel atau melalui online shop & reseller.

9. TIMELINE & MONITOR

Tentukan kapan bisnis akan segera dimulai. Buatlah rencana actionnya serta lakukan monitoring persiapannya sehingga bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Itulah 9 Tips Perencanaan Bisnis, semoga bisa bermanfaat untuk Anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar